Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Mendoakan Janin dan Keturunannya Sejak Dalam Kandungan

Mendapatkan keturunan yang baik dan sholeh menjadi dambaan bagi kita semua. Tarbiyatul Aulad (pembinaan anak) itu bagusnya dilaksanakan ketika masih di dalam kandungan.  Kita perlu mengambil pelajaran dari istrinya ‘Imran.

Kisah istrinya ‘Imran dibahas dalam Qur’an Surat Ali Imran ayat 35-37. Ketika istrinya ‘Imran hamil, ia tidak hanya mendoakan, namun bernadzar untuk keturunannya kelak.  Waktu itu ia berkata, “Ya Rabbku, sesungguhnya aku bernadzar, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu).” Yakni, ia mengikhlaskan janin yang ada dalam kandungannya untuk mengharap ridha-Nya, dan ia menyediakannya sebagai pelayan-Nya dan pelayan rumah-Nya. Setelah itu, istrinya ‘Imran berkata, “Maka terimalah (nadzar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Ketika istrinya ‘Imran melahirkan seorang anak perempuan, padahal dirinya berharap anak laki-laki. Namun ia segera memohon maaf sambil berkata, ”Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan.” Ia memberikan nama Maryam untuk anaknya. Kemudian ia berdo’a, “Aku memohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari gangguan setan yang terkutuk.”

Anaknya itu yang bernama Maryam dititipakn kepada Zakariya, agar Zakariya bisa mendidiknya  dengan cara terbaik. Kelak , Maryam tumbuh dalam bingkai peribadahan kepada Allah. Setiap Zakariya masuk menemui Maryam di tempat ibadahnya, selalu mendapatkan makanan di sisinya. Sampai Zakariya terheran-heran, lalu bertanya, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Kemudian Maryam menjawabnya, “Itu dari Allah, Sebagai karunia dan kebaikan.”

(Sumber Saujam.com)

Inilah kisah istri ‘Imran beserta anak perempuannya yang bernama Maryam. Kelak Maryam melahirkan anak lelaki yang soleh dan juga seorang Rasul, Isa as. namanya.

Disimpulkan dari buku Tarbiyatul Aulad karya Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani


Post a Comment for "Pentingnya Mendoakan Janin dan Keturunannya Sejak Dalam Kandungan"